Workshop Penelitian Ekonomi Syariah

Mei 12, 2018 oleh : superadmin-muamalat

BANTUL– Prodi Ekonomi Syariah menyelenggarakan Workshop Penelitian Ekonomi Syariah pada hari Sabtu, 12 Mei 2018. Workshop ini diselenggarakan di Ruang Ampitheater KH  Ibrahim E6 Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tujuan diselenggarakannya workshop ini adalah untuk meningkatkan minat dan memotivasi mahasiswa terkait penelitian ilmiah. Ke depannya diharapkan mahasiswa mampu menemukan ide-ide penelitian ilmiah yang berkualitas serta memiliki kontribusi yang besar bagi perkembangan ilmu ekonomi syariah. Workshop Penelitian ini merupakan salah satu bekal yang diberikan oleh prodi kepada mahasiswa untuk menyusun tugas akhir/ skripsi.

Workshop  Penelitian Ekonomi Syariah berlangsung selama 8 jam, dimulai pukul 08.00 -12.00 kemudian istirahat 1 jam, setelah itu dilanjutkan kembali pukul 13.00-17.00. Acara dibuka oleh Dr. Maesyaroh selaku Kaprodi Ekonomi Syariah. Kemudian dilanjutkan dengan berbagai pemaparan materi oleh beberapa narasumber.

Materi pertama yaitu Road Map Penelitian Prodi Ekonomi Syariah, yang disampaikan oleh Dr. Masyaroh. Road Map ini merupakan gambaran ruang lingkup penelitian di prodi Ekonomi Syariah. Dengan adanya Road Map ini maka kajian penelitian ilmiah pada prodi Ekonomi Syariah menjadi lebih terarah dan sesuai dengan kurikulum yang ada. Road Map ini juga digunakan sebagai  tolak ukur dalam perencanaan target penelitian dari tahun 2015 hingga 2020 nanti.

Materi kedua adalah Penulisan Karya Ilmiah dan Penjelasan Panduan Skripsi, yang disampaikan oleh Satria Utama, M.E.I. Materi ini berkaitan dengan pentingnya kualitas penelitian karya ilmiah, bahwa hasil akhir penelitian  jangan hanya merupakan sebuah tulisan yang disimpan rapi di perpustakaan. Namun karya ilmiah harus memberikan kontribusi untuk perkembangan ekonomi syariah, lingkungan, instansi tempat penelitian, akademik dan masyarakat secara umum. Penjelasan Panduan Skripsi berupa sistematika penulisan skripsi serta alur pengajuan judul skripsi. Mahasiswa yang boleh mengajukan skripsi adalah mahasiswa yang telah menempuh semua mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan dari semester i sampai vii sebanyak 133 sks, diluar magang dan kkn.

Materi ketiga mengenai Metodologi Kuantitatif  disampaikan oleh M. Zakiy, M.Sc.. Penelitian Kuantitatif biasanya identik dengan angka-angka. Penelitian kuantitatif sering berkaitan dengan perkembangan ekonomi, pertumbuhan perbankan, saham, dll. Selain itu data untuk Penelitian kuantitatif dapat diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden.

Kebalikan dari penelitian kuantitatif adalah penelitian kualitatif. Materi ini disampaikan oleh Hilman Latief, Ph.D. Penelitian kualitatif biasanya berisi tentang uraian-uraian dan penjelasan dalam bentuk kalimat-kalimat. Penelitian kualitatif berusaha untuk menemukan fakta ilmiah dalam sebuah penelitian  dengan melakukan wawancara secara sistematis dan mendalam.

Workshop Penelitian Ekonomi Syariah ini diikuti oleh 194 mahasiswa . Mahasiswa mengikuti acara dari awal hingga akhir dengan penuh semangat dan antusias. Acara ini selesai dan ditutup pada pukul 17.00. (MY)