BANTUL- Prodi Ekonomi Syariah FAI UMY menyelenggarakan Workshop dan Orientasi Praktik Perbankan bagi mahasiswa angkatan 2015.  Acara diselenggarakan pada tanggal 26 Mei 2018 di Gedung KH. Ibrahim E6 lantai 5 UMY dengan peserta 200 mahasiswa. Acara berlangsung dari pukul 07.00 s/d 15.00. Sebelum acara dimulai, mahasiswa mengerjakan soal Placement Test, tes ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan mahasiswa terkait materi perbankan syariah dan bagaimana kesiapan mereka untuk melakukan praktik perbankan maupun untuk bekerja di dunia perbankan nantinya. Tes berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

Dasar pemikiran diselenggarakannya workshop ini adalah : pertama, semakin dibutuhkannya keterampilan pengelolaan operasional bank syariah secara efektif oleh SDI yaitu mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah FAI UMY, maka dibutuhkan upaya integrasi teori dan praktik sebagai proses pembentukan mahasiswa yang siap berkiprah pada industri syariah secara masif. Kedua, mahasiswa perlu memahami konsep perbankan syariah dan menguasai kemampuan teknis perbankan baik tim maupun individu. Ketiga, motivasi dalam bentuk kegiatan terpadu kepada mahasiswa diharapkan mampu membentuk kultur positif. Keempat, kebutuhan terhadap pengenalan dan simulasi kerja perbankan syariah dapat memberikan gambaran kepada mahasiswa guna mendukung tercapainya tujuan praktik perbankan.

Acara Workshop dan Orientasi Praktik Perbankan terdiri atas 3 sesi. Sesi pertama yaitu  panel praktisi dengan tema : Mempersiapkan  SDI Lembaga Keuangan Syariah yang Berkualitas, Berintegritas dan Profesional dengan narasumber Eka Jati R. Firmansyah., S.H.I, M.E.I. Sesi kedua yaitu testimoni Praktisi Lembaga Keuangan Syariah dengan tema : Menjadi Pribadi yang Mandiri, dicari dan dinanti dengan narasumber : Cahyo Halim Istiqlal (BMT UMY), Julio Basuki Herlangga ( BPRS Madina), Mahmudah Agustiani (Bank Syariah Mandiri), ketiga narasumber ini merupakan alumni prodi Ekonomi Syariah FAI UMY. Sesi ketiga yaitu Strukturisasi proses praktik perbankan yang disampaikan oleh Syarif As’ad, S.E.I., MSI., dan Satria Utama, S.E.I., M.E.I.

Dengan diselenggarakannya workshop ini diharapkan mahasiswa siap menempuh proses praktik perbankan pada lembaga keuangan syariah, terdorong dan terfasilitasi pada proses praktik perbankan.  Kegiatan ini juga merupakan sarana untuk mempersiapkan mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah FAI UMY untuk terjun langsung di lembaga keuangan syariah, serta mendorong/memotivasi mahasiswa dalam mempersiapkan diri sebagai bagian dari praktisi syariah. (MY).