Training Analisa Pembiayaan Perbankan Syariah

Mei 14, 2018 oleh : superadmin-muamalat

BANTUL-  Pada Hari Ahad, 13 Mei 2018, Prodi Ekonomi Syariah FAI UMY menyelenggarakan Training Analisa Pembiayaan Perbankan Syariah. Acara ini merupakan salah satu agenda Prodi Ekonomi Syariah untuk meningkatkan kompetensi  mahasiswa terkait pembiayaan perbankan syariah.  Selain untuk Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah, acara ini juga terbuka untuk umum.  Acara ini diikuti oleh 47 Mahasiswa dan 8 Dosen. Acara berlangsung pada pukul 07.30 s/d  17.00 di Ruang Sidang FAI UMY Gedung F6 Lantai 2.

Dalam Training Analisa Pembiayaan Perbankan Syariah,  Prodi Ekonomi Syariah FAI UMY menghadirkan dua narasumber, yaitu Eka Jati R. Firmansyah., S.H.I, M.E.I  yang merupakan seorang akademisi dan praktisi di BRI Syariah. Narasumber ke dua adalah Ade Pangeran Anom, S.H., M.Kn.  , founder Falah Consulting.

Acara yang pertama adalah pembukaan,  dibuka secara resmi oleh Kaprodi Ekonomi Syariah Dr. Maesyaroh, M.A. Selanjutnya dilakukan pre test  untuk seluruh peserta, pre test  berupa soal pilihan ganda dan essay.  Pre test berlangsung selama 15 menit.   Tujuan dari pre test  ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh / mendalam pemahaman peserta terkait pembiayaan perbankan syariah.

Setelah pre test , dilanjutkan materi pertama yaitu Critical Point Analisa Pembiayaan , kedua Teknik Analisa Pembiayaan Investasi, ketiga Teknik Analisa  Pembiayaan Modal Kerja,  ISHOMA. Setelah ISHOMA dilanjutkan materi ke empat yaitu Dokumen Legal Pembiayaan , materi ke lima Pengikatan Pembiayaan, kemudian break untuk sholat Ashar,  kemudian materi ke enam Penyelesaian Sengketa Litigasi, dan materi terakhir yaitu Penyelesaian Sengketa Non Litigasi.

Setelah semua materi selesai, peserta training mengerjakan post test. Post test merupakan evaluasi pendalaman pengetahuan setelah memperoleh penjelasan dari narasumber.  Peserta sangat antusias mengikuti training ini, lelah namun semangat dan kepuasan tergambar  jelas dari raut wajah peserta yang keluar ruangan. (MY)