BANTUL- Pada tanggal 20 Desember 2017 bertempat di Ruang Sidang Fakultas Agama Islam F6 Lt 2, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Prodi Muamalat menyelenggarakan Diskusi Dosen dan Praktisi Perbankan Syariah. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah memberikan evaluasi terhadap kesesuaian kajian ekonomi syariah di perguruan tinggi dengan kebutuhan industri perbankan syariah. Dalam kegiatan ini Muhammad Gunawan Yasni, SE.Ak., MM, CIFA, FIIS hadir sebagai pemantik diskusi dan Syarif As’ad, S.E.I, M.S.I sebagai moderator.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen Prodi Muamalat dan tamu undangan yaitu praktisi perbankan syariah di DIY. Dalam diskusi ini para praktisi perbankan syariah memberikan pemaparan mengenai realitas kebutuhan sumber daya manusia di perbankan syariah. Tak dapat dipungkiri bahwa selama ini penerimaan pegawai di perbankan syariah tidak hanya lulusan ekonomi syariah tetapi juga hampir semua jurusan di perguruan tinggi. Fenomena ini menimbulkan berbagai pertanyaan, apakah selama ini lulusan ekonomi syariah tidak berkompeten, ataukah  kebutuhan pegawai di perbankan syariah memang mencakup berbagai bidang keilmuan.

Menanggapi hal tersebut, dosen ekonomi syariah selalu berusaha untuk mengembangkan kurikulum dan meningkatkan kualitas pembelajaran agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan industri perbankan syariah. Selama ini Prodi Muamalat FAI UMY telah membekali lulusannya dengan berbagai ilmu dan keterampilan perbankan syariah. Pada  Prodi Muamalat FAI UMY terdapat mata kuliah yang menunjang kebutuhan perbankan syariah baik secara teori maupun praktik. Diantaranya adalah Sistem Operasional Bank Syariah, Manajemen Bank Syariah, Manajemen Pemasaran Bank Syariah, Akuntansi Perbankan Syariah, Manajemen Dana Bank Syariah, Manajemen Risiko Bank Syariah, Ekonomi Moneter, Ekonomi Makro & Mikro, Fiqh Muamalah, Komputer Perbankan, Praktikum Bank, dan mahasiswa juga diwajibkan untuk melaksanakan program magang/ praktik perbankan selama satu bulan di lembaga keuangan syariah seperti BMT, BPRS dan bank syariah. Ke depannya Prodi Muamalat FAI UMY juga akan menyelenggarakan Short Course Perbankan Syariah kepada mahasiswa agar semakin siap untuk menghadapi persaingan dan tantangan di perbankan syariah ke depannya.

Dengan demikian diharapkan kebutuhan SDM di perbankan syariah dapat terpenuhi dengan baik. Adanya SDM yang handal dan berkualitas, diharapkan perbankan syariah akan semakin maju dan berkembang sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara umum. (My)