Profil dan Kompetensi Lulusan

Profil Lulusan

Profil Lulusan yang ingin dihasilkan oleh Program Studi Muamalat (Ekonomi dan Perbankan Islam) adalah menjadi praktisi perbankan syariah dan peneliti bidang ekonomi perbankan syariah.

PROFIL LULUSAN DESKRIPSI PROFIL
Praktisi perbankan Islam Praktisi perbankan Islam yang profesional serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
Peneliti bidang Ekonomi dan Perbankan Islam Peneliti yang menguasai konsep teoritis di bidang ekonomi dan perbankan Islam secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural dalam bidang ekonomi dan perbankan Islam.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi dan Kualifikasi hasil pendidikan Prodi. Muamalat konsentrasi Ekonomi dan Perbankan Islam UMY adalah:

  1. Memiliki kemampuan pengawasan terhadap kesyariahan produk bank syariah.
  2. Kemampuan melakukan analisis dan interpretasi akad pembiayaan dalam transaksi perbankan syariah.
  3. Memiliki kemampuan untuk menidentifikasi dan merancang menyelesaikan masalah SDM, pemasaran, keuangan dan operasional bank syariah.
  4. Memiliki kemampuan skill dalam bentuk team work.
  5. Memiliki pengetahuan isu-isu kontemporer perbankan syariah yang relevan.
  6. Memiliki kemampuan untuk menggunakan teknik analisa, keahlian, sistem informasi dalam praktik perbanan syariah.

KOMPETENSI LULUSAN

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yaitu kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi atau tingkat capaian pembelajaran yang disepakati secara nasional, yang disusun berdasarkan ukuran hasil pendidikan dan/atau pelatihan yang diperoleh baik melalui pendidikan formal, nonformal, informal, atau pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki indonesia, yang terdiri dari 9 (sembilan) jenjang kualifikasi, dimulai dari Kualifikasi 1 sebagai Kualifikasi terendah dan Kualifikasi 9 sebagai KuaIifikasi tertinggi.

Deskripsi kualifikasi pada KKNI merefleksikan capaian pembelajaran (learning Outcomes) yang diperoIeh seseorang melalui jalur pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, dan pembelajaran mandiri yang meliput internasilisasi dan akumulasi ilmu pengetahuan, pengetahuan, pengetahuan praktis, ketrampilan, afeksi, dan kompetensi yang dicapai melalui proses pendidikan yang terstruktur dan mencakup suatu bidang ilmu/keahlian tertentu atau melalui pengalaman kerja.

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka implementasi sistem pendidikan nasional dan sistem pelatihan kerja yang dilakukan di Indonesia pada setiap level kualifikasi mencakup proses yang menumbuhkembangkan afeksi sebagai berikut:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. MemiIiki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

Sehingga kompetensi lulusan yang ingin dihasilkan oleh Prodi Muamalah (Ekonomi Syariah) sesuai dengan cakupan afeksi di atas, sedangkan tentang kualifikasi yang dihasilkan oleh Prodi adalah sariana S1 yang termasuk level 6 sehingga kompetensi lulusan yang diharapkan iuga mengacu pada kualifikasi kompetensi level 6 sebagai berikut:

 

DESKRIPSI KOMPETENSI KUALIFIKASI SDM KKNI LEVEL 6 DENGAN KOMPETENSI LULUSAN PRODI MUAMALAH KONSENTRASI

EKONOMI & PERBANKAN ISLAM

DESKRIPSI KOMPETENSI KUALIFIKASI SDM KKNI
LEVEL 6 (SARJANA/DIPLOMA 4) PROGRAM SI MUAMALAH (EKONOMI DAN PERBANKAN SYARIAH)
Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap Situasi yang dihadapi. 1. Menguasai, dan memahami tuiuan, konsep dan wawasan ekonomi syariah
2. Kemampuan untuk berfikir logis, analitis dan cepat, cermat dan tepat dalam pengambilan keputusan.
3. Kemampuan mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama.
4. Kemampuan menerapkan IPTEKS.
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. 1. Kemampuan mengelola aspek Keuangan, Liabilitas, Operasional, Pendanaan, Pembiayaan, Pemasaran, SDM dan Resiko.
2. Memahami konsep dan aplikasi transaksi secara mendalam, serta mampu transaksi (akad) dalam muamalah dan mekanisme kerJa lembaga keuangan/perbankan Syariah.
3. Kemampuan berfikir analitis & sintesis dengan memperhitungkan dampak.
 Mampu mengambil keputusan yang  tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.  I. Kemampuan menganalisis dan menginterpretasi hasil penelitian dan mengembangkan serta meningkatkan pengetahuan baru tentang metodologi penelitian.
2. Kemampuan mengembangkan dan berinovasi dalam pengelolaan bisnis perbankan syariah dan atau Lembaga Keuangan Syariah.
Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. 1. Memiliki tanggung jawab terhadap hal yang dikerjakan dan bertanggung jawab atas hasil pekerjaan.
2. Memiliki nilai-nilai moral dalam aplikasi muamalah/ ekonomi syariah serta wawasan dasar keIslaman.